Monday, June 10, 2013

Masalah Kependudukan Di Indonesia dan Cara Mengatasinya

 
 Kali ini  saya akan membahas tentang kependudukan di Indonesia. Mengapa saya ingin membahas tentang kependudukan di Indonesia? Karena semakin diperhatikan dan dicermati masalah kependudukan di Indonesia menjadi masalah yang termasuk dikategorikan masalah besar karena menyangkut kesejahteraan masyarakat Indonesia.  Masalah - masalah tersebut antara lain jumlah penduduk yang begitu besar, persebaran penduduk yang tidak merata, pertumbuhan penduduk yang tinggi , rendahnya kualitas penduduk, rendahnya pendapatan perkapita, tingginya tingkat ketergantungan, kepadatan penduduk, dan lain sebagainya.  Sebenarnya penduduk suatu negara merupakan objek dan subjek suatu pembangunan. Sebagai objek artinya penduduk merupakan faktor yang harus ditingkatkan kualitas hidupnya. Sebagai subjek penduduk merupakan faktor proses pembangunan. Bila dilihat dari sisi yang berbeda, penduduk merupakan beban sekaligus potensi bagi suatu negara. Mengapa dianggap sebagai beban negara ? Karena negara harus dapat memberikan pelayanan kepada penduduknya, sedangkan sebagai potensi karena penduduk merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat memberikan sumbangan positif bagi negara. Oleh sebab itu kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh SDM negara itu sendiri.
           Sebenarnya wilayah negara Indonesia sangat luas, tetapi penduduk yang tinggal di wilayah Indonesia tidak merata. Contohnya saja kepadatan penduduk di Jawa lebih banyak daripada kepadatan penduduk di daerah Kalimantan maupun Provinsi lainya, padahal Jawa mempunyai daerah yang lebih sempit  yaitu 139.000 km2 sedangkan Provinsi Kalimantan luasnya 748.168,1 km2. Sering terbesit pertanyaan mengapa terjadi persebaran penduduk yang tidak merata dan paling banyak kepadatan penduduk di Pulau Jawa. Jika kita berfikir ulang ternyata Pulau Jawa merupakan kawasan utama di Indonesia yang menjadi patokan masyarakat akan sejahtera bila tinggal disana, masyarakat percaya bahwa di Pulau jawa dapat hidup sejahrtera mungkin karena dianggap mudah untuk mencari pekerjaan di pulau Jawa.
                        Negara Indonesia memiliki penduduk yang sangat banyak. Dan Indonesia menduduki urutan keempat sebagai negara dengan jumlah penduduknya terbanyak setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk tahun 2000 adalah 205,8 juta jiwa. Namun mengapa Negara Indonesia kalah jauh dengan Negara maju lainya, seharusnya Negara Indonesia menjadi Negara yang maju karena Sumber Daya Alam yang berlimpah namun kenyataanya Indonesia lebih tertinggl contohnya saja Cina yang mempunya jumlah penduduk terbanyak  tetapi negara mereka justru maju pesat tetap bertahan sebagai negara maju, itu semua karena kualitas SDM  yang jauh unggul dibanding negara Indonesia. Negara Indonesia masih banyak penduduk yang minim akan pendidikan, karena terganjal masalah ekonomi. Bahkan banyak dari mereka yang masih belum sempat menerima pelajaran dibangku sekolah. Ini jelas mempengaruhi kualitas atau mutu penduduk indonesia.  Masyarakat indonesia juga kurang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bekerja. Akibatnya masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan yang bagus.
            Pendapatan per kapita penduduk di Indonesia juga bisa dibilang masih rendah. Pendapatan per kapita artinya rata - rata pendapatan penduduk setiap tahun. Rendahnya pendapatan perkapita ini berkaitan erat dengan banyaknya masyarakat miskin. Akibatnya makin banyak penduduk yang minim akan pendidikan, juga kebutuhan asupan zat - zat gizi bagi anak - anak semakin berkurang. Oleh karena itu banyak anak - anak yang menderita kecacatan fisiknya sejak lahir. Dan tidak tumbuh normal dengan anak - anak lainnya yang terlahir dari keluarga mampu. Sungguh tragis kondisi negara kita ini. Kasihan sekali melihat anak - anak yang mengalami hal seperti itu, anak - anak yang seharusnya bahagia pada masanya namun harus menanggung beban penyakit yang diderita nya.

        Tingginya kepadatan juga menyebabkan masalah - masalah sosial lain nya, seperti pengangguran, kemiskinan, rendahnya pelayanan kesehatan, meningkatnya angka kriminalistas atau tindak kejahatan, pemukiman kumuh, lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat, dan lain sebagainya.
Dan untuk mengatasi permasalahan kependudukan di Indonesia dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Pengendalian jumlah dan pertumbuhan penduduk
Yaitu dengan cara menekan angka kelahiran melalui pembatasan jumlah kelahiran, juga menunda usia perkawinan dini. Untuk pembatasan jumlah kelahiran kita gunakan program yang telah ada, yaitu program Keluarga Berencana atau yang lebih dikenal dengan KB. Dan menghimbau kepada masyarakat bahwa mempunyai dua anak lebih baik, daripada mempunyai anak lebih banyak. Karena kebutuhan zaman sekarang lebih mahal, serta menghilangkan anggapan masyarakat bahwa “Bahwa Banyak Anak Banyak Rejeki”
  
2. Pemerataan persebaran penduduk
Disini kita lakukan dengan cara  transmigrasi dan pembangunan industri di wilayah yang jarang penduduknya. Untuk mencegah migrasi penduduk dari desa ke kota, pemerintah mengupayakan berbagai program berupa pemerataan pembangunan hingga ke pelosok, juga diikuti dengan perbaikan sarana dan prasarana pedesaan, dan pemberdayaan ekonomi di pedesaan.
3.  Meningkatkan Sumber Daya Manusia 
Kita tahu banyak penduduk yang masih mimim akan pendidikan nya, serta tingkat kesadaran akan pentingnya sekolah masih rendah. Rendahnya tingkat pendidikan mengakibatkan sulitnya masyarakat menerima hal - hal yang baru. Seperti keterlambatan mengenal teknologi. Rendahnya penguasaan teknologi maju mengakibatkan harus mendatangkan tenaga ahli dari negara maju. Keadaan ini sungguh ironis. Untuk itu semoga kedepan nya SDM indonesia kualiatasnya lebih ditingkatkan, dan dapat mencontoh negara maju seperti cina maupun Amerika Serikat untuk tercipta kestabilan dalam pembangunan negara Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengambil beberapa kebijakan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan masyarakatnya, seperti kebijakan wajib belajar 12 tahun, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, menyempurkan kurikulum sesuai perkembangan zaman, memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi, memberikan kartu program gratis belajar 12 tahun kepada anak dari keluarga kurang mampu, dan lain sebagainya.
 



            Semoga kedepan nya indonesia menjadi lebih baik ,meskipun jumlah penduduk banyak tetapi mampu bersaing untuk menjadi negara maju. Semua dapat terwujud jika didorongkan dengan niat dan usaha, semua kembali lagi pada kesadaran diri masing - masing, semua takkan terlaksana dengan sempurna bila kesadaran kita akan pikiran meningkatkan kualitas SDM masih rendah. Kita lah makhluk sosial, kita lah yang membuat segala macam masalah, tapi kita lah yang juga harus bisa menyelesaikan masalah tersebut.

1 comment: